--> -->

Informasi



  • Siapa saja yang dapat jadi pendana?
    Perorangan dengan usia minimal 21 tahun atau badan hukum di Indonesia yang ingin mencari alternatif pendanaan yang aman dan menguntungkan.
  • Bagaimana cara mendaftar sebagai pendana?
    Pendana melakukan registrasi pada menu “Daftar”, kemudian isi informasi yang diminta dengan benar sesuai identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pastikan nama yang didaftarkan sama dengan nama yang tercantum pada rekening bank dan pastikan pula nomor handphone yang dimasukkan dalam keadaan aktif. Pendana wajib membaca syarat dan ketentuan yang berlaku di Danain. Setelah melakukan registrasi, pendana akan menerima email untuk aktivasi akun. Pendana juga akan menerima sms untuk password setelah meng-klik link aktivasi yang ada di email.
  • Bagaimana cara Danain menyeleksi peminjamnya?
    Danain bekerjasama dengan mitra yang berpengalaman dan berkompeten di bidang pergadaian untuk melakukan verifikasi dan analisa terhadap pinjaman yang masuk. Pilihan pendanaan yang terdapat di dalam platform Danain bisa dibilang merupakan pilihan pendanaan yang berkualitas dan minim risiko.
  • Bagaimana cara menyetor dana?
    Pendana harus login terlebih dahulu, kemudian masuk ke dalam menu setor dana dan masukkan nominal yang ingin disetor. Transfer nominal yang disetor dengan menambahkan ID pendana, agar Danain bisa memverifikasi dan mendeteksi setoran tersebut.
  • Berapa jumlah minimum penyetoran dana untuk pertama kali?
    Pendana harus melakukan penyetoran dana minimal senilai transaksi pendanaan yang akan dilakukan. Tidak ada batas minimal untuk setoran selanjutnya.
  • Bagaimana cara pendana mendanai pinjaman?
    Pendana terlebih dulu harus login dan masuk ke dalam menu pilihan pendanaan. Pendana dapat memilih opsi pendanaan yang ingin didanai sesuai kriteria. Jumlah pendanaan yang dipilih tidak bisa lebih besar dari jumlah dana aktif yang ada.
  • Kapan pendana memperoleh bagi hasil?
    Pendana akan memperoleh bagi hasil saat peminjam melunasi pinjamannya. Bagi hasil tersebut secara otomatis akan masuk ke dalam dana aktif pendana.
  • Apakah bagi hasil yang diperoleh pendana secara otomatis akan ditransfer ke rekening pendana?
    Seluruh jumlah bagi hasil yang diterima oleh pendana akan masuk ke dalam rekening escrow Danain. Bagi hasil hanya bisa ditarik sesuai instruksi pendana dan akan dikirim ke rekening atas nama pendana yang terdaftar di dalam sistem.
  • Bagaimana cara melakukan penarikan dana?
    Pendana harus melakukan login terlebih dahulu dan masuk ke dalam menu “Tarik Dana”, kemudian masukkan jumlah dana yang ingin ditarik. Jumlah yang ditarik tidak bisa lebih besar dari jumlah dana aktif yang ada. Dana akan dikirim ke rekening dalam waktu tiga hari kerja.


PERHATIAN

  • Layanan Pendanaan melalui platform peer to peer lending ini merupakan kesepakatan antara dan dengan persetujuan Pendana dengan Penerima Pinjaman, oleh sebab itu risiko yang terjadi akan ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  • Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggungjawab atas risiko Kredit atau gagal bayar atau mengkompensasi pihak manapun atas kerugian, kerusakan, biaya atau konsekuensi yang timbul dari perihal tersebut.Kerugian yang timbul adalah tanggungan Pendana.
  • Pendana yang tidak atau belum memiliki pengetahuan dan pengalaman terhadap platform ini, disarankan untuk mencari informasi perihal layanan yang diberikan oleh platform peer to peer lending ini.
  • Setiap transaksi yang terjadi akan tercatat secara digital dan berpotensi untuk diketahui oleh masyarakat luas melalui media sosial serta dapat dijadikan sebagai alat bukti hukum yang sah apabila terjadi permasalahan yang berakibat hukum.
  • Sebelum menggunakan platform ini, Pendana diwajibkan untuk membaca dan memahami cara kerja, layanan platform dan tunduk pada peraturan yang ada pada platform ini.
  •  

     

    PT Mulia Inovasi Digital dengan platform danaIN telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan ("OJK") sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (peer to peer lending) dengan Surat Tanda Bukti Terdaftar dari OJK Nomor S-280/NB.213/2018 tanggal 20 April 2018 sehingga semua pelaksanaan kegiatan usahanya diawasi secara ketat oleh OJK berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi